FK UNTAN PEDULI: Edukasi Aktivitas Fisik untuk Anak Usia Sekolah dan Screen-time Management di SD Negeri 08 Sungai Raya, Kubu Raya

Dosen Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di SD Negeri 08 Sungai Raya, Kubu Raya pada hari Rabu, 14 Juni 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang telah dilakukan kedua kalinya di lokasi ini. Kegiatan ini melibatkan dua narasumber yakni dr. Didiek Pangestu Hadi, AIFO-K dengan topik Aktivitas Fisik bagi anak usia sekolah dan juga dr. Muhammad Asroruddin, Sp.M dengan topik Screen-time management pada anak usia sekolah.

Selain kegiatan edukasi, 36 siswa kelas 5 SD Negeri 08 juga dilakukan pemeriksaan antropometri yang meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan, serta pemeriksaan tajam penglihatan (visus) yang dilakukan oleh Refraksionis dan tim Dokter FK/RS Universitas Tanjungpura. Ketua kegiatan PKM, dr.Ita Armyanti, M.Pd.Ked menjelaskan bahwa kegiatan PKM ini melibatkan dosen Jurusan Kedokteran yang memiliki latar belakang keilmuan yang berbeda, yakni Dr.Agustina Arundina, MPH sebagai ahli gizi dan Dr.dr. Ery Hermawati, M.Sc sebagai ahli fisiologi. Harapannya dengan pelaksanaan kegiatan ini, dosen mampu berpartisipasi secara aktif, memberikan solusi terhadap permasalahan dan isu kesehatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi Universitas Tanjungpura. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh Kepala Sekolah SD Negeri 08, Sungai raya, Drs. Rusbani, beliau berharap ke depan akan ada siswa sekolah yang dipimpinnya menjadi dokter atau tenaga kesehatan lainnya, sehingga dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kubu Raya, dan Kalimantan Barat.

Kegiatan ini juga diikuti kegiatan minum susu bersama, yang disponsori oleh susu tinggi kalsium, rendah lemak, HiLo. Selain itu, sebanyak 9 orang mahasiswa, di tahap S1 dan profesi dokter juga turut berperan serta dalam kegiatan ini, sebagai salah satu bentuk kegiatan di masyarakat, yang merupakan peran penting mahasiswa sebagai salah satu agen edukasi kesehatan.

Leave a Reply