Fakultas Teknik Informatika Untan Kenalkan Teknologi Augmented Reality

Untan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Fakultas Teknik Jurusan Elektro program studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura Pontianak mengadakan National Competition of  Augmented Reality Roadshow dari Universitas Telkom Bandung, yang diselenggarakan di Pusat Komputer (Puskom) Untan, Sabtu (5/3) pagi.

Ketua umum kegiatan, Hari Trianto mengatakan Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga kedalam sebuah lingkaran nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Argumented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.

“Kegiatan ini untuk mengenalkan apa itu AR kepada mahasiswa, mengenalkan sejarah dan perkembangan terkini teknologi AR serta workshop pembuatan aplikasi AR menggunakan AR Toolkit,” ujarnya.

Hari Trianto menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami apa itu AR, dan pada saat nanti jika ada perlombaan mahasiswa Untan mau ikut serta dalam perlombaan tersebut.

“Saya berharap, ini kan masih baru, semoga saja bisa berkembang pesat di Kalimantan Barat khususnya di Pontianak, dan saya harap mahasiswa yang hadir disini memiliki keinginan untuk ikut serta mengembangkan Augmented Reality (AR) ini,” terangnya.

(Monika/Dede)

Leave a Reply