Untan  

PkM Jurusan Fisika FMIPA UNTAN: Pelatihan Tanggap Bencana bagi Siswa SMA/ SMK di Kabupaten Sintang

Penyerahan plakat oleh Sekretaris Jurusan Fisika FMIPA Untan, Bapak Hasanuddin, Ph.D., kepada Kepala SMKN 1 Sintang, Bapak Poeryanto, M.Pd.

Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana. Beberapa bencana yang terjadi di Kalimantan Barat adalah banjir, longsor, kebakaran hutan dll. Sumber daya manusia yang ada di wilayah Kalbar memerlukan adanya proses edukasi yang mampu menggiring pemahaman kepada pemanfaatan lingkungan secara bijak serta tanggap terhadap bencana yang mungkin ditimbulkan. Hal ini dapat diwujudkan melalui beberapa tahapan kegiatan, diantaranya melalui proses sosialisasi keilmuan yang menyokong hal tersebut. Salah satu yang cukup beririsan adalah bidang fisika dan geofisika. Proses sosialisasi tersebut harus ditujukan sedari dini, dimulai dari kalangan siswa SMA / SMK sebagai generasi penerus pembangunan.

Oleh karena itu, Jurusan Fisika FMIPA Untan dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bermitra dengan SMK Negeri 1 Sintang menyelenggarakan pelatihan tanggap bencana bagi siswa  SMA/ SMK di Kabupaten Sintang. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMKN 1 Sintang pada hari Selasa, 29 Agustus 2023. Kegiatan PkM ini diketuai oleh Zulfian, S.Si., M.Si. dengan tujuan kegiatan PkM adalah untuk memberikan edukasi terkait bencana sehingga siswa dapat tanggap dan sigap untuk menghadapi bencana yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sekretaris Jurusan Fisika FMIPA Untan, Hasanuddin, Ph.D menyatakan bahwa kegiatan PkM ini merupakan bagian tridharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen. Tema kegiatan PkM ini salah satunya dilatar belakangi oleh edukasi terkait kebencanaan bagi siswa yang sudah dilakukan oleh beberapa negara maju. Pemahaman terkait dengan mitigasi penting untuk membentuk sikap siap siaga siswa terhadap bencana, tuturnya.

Kegiatan PkM secara resmi dibuka Bapak Poeryanto, M.Pd. selaku Kepala SMKN 1 Sintang sekaligus sebagai mitra PkM Jurusan Fisika. Kabupaten Sintang pernah mengalami bencana banjir hingga hampir 1 bulan lamanya. Oleh karena itu, kegiatan ini penting untuk mengedukasi siswa dalam tanggap bencana karena siswa merupakan generasi penerus bangsa, ujar beliau.

Penyampaian materi “Tanggap Bencana” oleh Bapak Dr. Joko Sampurno, M.Si.

Siswa yang menghadiri kegiatan PkM “Tanggap Bencana” berasal dari 11 SMA/ SMK di Kabupaten Sintang. Siswa yang hadir sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Joko Sampurno, M.Si. Beliau menyampaikan salah satu peran siswa mewujudkan sekolah tanggap bencana adalah membuang sampah pada tempatnya serta menanam pohon. Siswa juga sangat tergugah untuk menanam pohon dan menjaga kelestariannya untuk mencegah terjadinya banjir.

Leave a Reply