Program Studi Fisika FMIPA UNTAN Gelar Kuliah Umum, Podcast, dan Expo Project Based Learning Luaran Mata Kuliah

Gambar 1. Penyampaian kuliah umum dengan tema “Tantangan dan Peluang Pemanfaatan AI untuk Pembelajaran, Riset, Karir, dan Bisnis” oleh Hengki Wahyudi, S.Pd.

Pontianak, 9 Desember 2023. Program studi (Prodi) Fisika Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura (UNTAN) mengadakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dan masyarakat dalam bidang Artificial Intelligence (AI), komunikasi sains fisika, dan Project Based Learning (PBL). Kegiatan tersebut terdiri dari kuliah umum, podcast, dan expo PBL yang berlangsung pada tanggal 9 Desember 2023 di gedung Kuliah Bersama UNTAN.

Kuliah umum dengan tema “Tantangan dan Peluang Pemanfaatan AI untuk Pembelajaran, Riset, Karir, dan Bisnis” disampaikan oleh Hengki Wahyudi, S.Pd. seorang praktisi dalam bidang AI yang merupakan seorang direktur komunitas MIP Indonesia. Kuliah umum ini membahas tentang perkembangan dan aplikasi AI di berbagai bidang, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh para pelaku pembelajaran, riset, karir, dan bisnis di era AI. Kuliah umum ini dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2023 pukul 09.00-11.00 WIB secara luring dan dihadiri oleh dosen Jurusan Fisika FMIPA UNTAN dan mahasiswa prodi-prodi yang ada di UNTAN.

Gambar 2. Podcast dengan tema “Peran Fisikawan sebagai Sains Komunikator” dengan narasumber Muhammad Raditiya, S.Si.

Podcast dengan tema “Peran Fisikawan sebagai Sains Komunikator” dilaksanakan dengan narasumber Muhammad Raditiya, S.Si. seorang komunikator sains yang populer di media sosial instagram. Beliau merupakan alumni prodi fisika FMIPA Untan. Podcast ini mengulas tentang pentingnya komunikasi sains yang efektif dan menarik bagi publik, serta tips dan trik untuk menjadi sains komunikator. Podcast ini disiarkan setelah kuliah umum yaitu pukul 11.00-12.00 WIB melalui platform live instagram prodi Fisika.

Gambar 3. Salah satu hasil Project Based Learning (PBL) mahasiswa Prodi Fisika FMIPA UNTAN

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, expo PBL digelar di ruangan sekitarnya. Expo PBL adalah pameran hasil karya mahasiswa prodi Fisika FMIPA UNTAN yang mengambil mata kuliah bersifat PBL dalam pembelajarannya. PBL adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang berbasis pada proyek nyata yang menantang dan bermakna bagi siswa. Expo PBL menampilkan berbagai proyek seperti analisis struktur dengan mikroskop digital, pengukuran redaman intensitas bunyi dengan papan komposit dari limbah, dan proyek elektronika seperti “saklar tepuk”, water level control, sensor inframerah untuk remote control, alat pembaca chip dalam kartu, brankas elektronik, alat pendeteksi sumber cahaya, dan lain-lain.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis. Para pengunjung diberi kesempatan untuk memilih proyek yang menarik dan favorit. Proyek terfavorit mendapat hadiah yang menarik. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat dalam meningkatkan wawasan dan kompetensi mereka di bidang AI, komunikasi fisika, dan PBL. Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen prodi Fisika FMIPA UNTAN dalam meningkatkan atmosfer akademik di prodi dan mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Leave a Reply