Dosen Farmasi UNTAN Berikan Pelatihan Pemberian Mineral Pakan Ternak Kambing Senduro untuk Meningkatkan Kualitas dan Citarasa Produk Susu Kambing

Untan

Dosen Farmasi Untan Berikan Pelatihan Pemberian Mineral ke dalam Pakan Ternak Kambing Senduro untuk Meningkatkan Kualitas dan Citarasa Produk Susu Kambing dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pelatihan Pemberian Mineral ke dalam Pakan Ternak Kambing Senduro untuk Meningkatkan Kualitas dan Citarasa Produk Susu Kambing diberikan pada hari Minggu (04/06/2023) kepada Peternak Why’d Farm yang beralamat di Kelurahan Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan.

Dosen Farmasi yang melaksanakan pelatihan ini yakni : Mohamad Andrie, M.Sc., Apt. dan Wintari Taurina, M.Sc., Apt., dengan dibantu mahasiswa farmasi : Thania Naranda, Nadia Mahani Baraqbah, Yunita Hananda Aulia, Rusmini, Wuri Handayani, Salsha Fadilla, dan Rizki Mutia Sari

Mohamad Andrie mengatakan Masalah kesehatan ternak pada ternak kambing dapat disebabkan oleh tidak cukupnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Ternak kambing tidak akan tumbuh maksimal bila pakan kurang baik atau kurang menerima nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air yang tidak seimbang. Keberhasilan memelihara kambing perah harus memperhatikan pemberian pakan terhadap perkembangbiakan sehingga perlunya penambahan mineral ke dalam pakan hewan ternak.

“Mineral yang diberikan melalui pakan berperan untuk menggantikan mineral dalam tubuh yang hilang. Pemberian vitamin dan mineral yang cukup dan seimbang dalam pakan ternak kambing akan mendukung kesehatan secara keseluruhan, sistem reproduksi yang baik, pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serta meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak” jelas andrie.

Andrie berharap Peternak Why’d Farm dan peserta PKM mendapatkan informasi mengenai khasiat serta prosedur pengolahan dari pencampuran mineral kedalam bahan pakan ternak kambing sehingga dapat meningkatkan kualitas dan cita rasa pada susu kambing Senduro.

Acara PKM di akhiri dengan pendampingan prosedur pembuatan susu kambing dengan berbagai rasa. Manfaat dalam mengonsumsi produk susu kambing yang kaya akan vitamin dan mineral yaitu mendukung kesehatan tulang, sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi tubuh lainnya.

Pemberian Mineral ke dalam Pakan Ternak Kambing Senduro

Leave a Reply