FK Untan Gelar Kompetisi Kewirausahaan untuk Mahasiswa: 17 Produk Cipta Unik Dikenalkan

Berita

Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura memiliki kepedulian terhadap penciptaan wirausaha muda di Kalimantan Barat khususnya Pontianak. Tulisan dalam artikel ini adalah menciptakan produk melalui kompetisi antar mahasiswa hingga mampu untuk memasarkan produk yang dihasilkan sehingga dapat diterima oleh kalangan masyarakat melalui ajang expo kemahasiswaan. Artikel ini juga mendukung RPS pada matakuliah Kewirausahaan yang bermuatan soft skill pada prodi-prodi di Fakultas Kedokteran sehingga menjadi tindak lanjut dari penerapan konsep kurikulum yang inovatif sehingga cocok untuk dapat diaplikasikan secara nyata melalui ajang kompetisi antar mahasiswa melalui Proposal Kewirausahaan yang divalidasi oleh dosen-dosen berpengalaman dan Dosen Pengampu matakuliah dibidang kewirausahaan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

Kegiatan ini merupakan ajang rutin tahunan dalam waktu 4 tahun terakhir dari Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran. Kegiatan Kewirausahaan Kemahasiswaan dapat terlaksana melalui anggaran dana kemahasiswaan Fakultas Kedokteran 2023, dukungan para dosen inovatif, UKM/HMJ Fakultas Kedokteran, dan mahasiswa mahasiswi fakultas kedokteran yang turut andil dan mampu menciptakan produk dalam menyemarakkan pesta pora kewirausahaan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

Kegiatan expo ini merupakan ajang puncak dari seluruh rangkaian program kerja kewirausahaan Fakultas Kedokteran yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 15 November 2023 pada jam kerja di lapangan parkir Fakultas Kedokteran.
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa Angkatan 2022, 2021, 2020, peserta kewirausahaan, dosen pembimbing kewirausahaan, dosen pengampu matakuliah kewirausahaan, para juri terbaik dilingkungan Fakultas Kedokteran, Wakil Dekan bidang Kemahasiswan dan Alumni dari beberapa Fakultas di Universitas Tanjungpura, plt Dekan Fakultas Kedokteran dan perwakilan dari Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan doa yang dipimpin oleh mahasiswa aktif di UKM Ibnu Sina, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne untan oleh paduan suara dari mahasiswa aktif di UKM Pastolik, tarian selamat datang oleh mahasiswa aktif di UKM MINERVA, beberapa kata sambutan dimulai dari Bapak Hariyanto selaku Dosen Pengampu mata kuliah kewirausahaan, plt Dekan Ibu dr. Ita Armiyanti, M.Pd.Ked., dan Bp. Ari Widyantoro, M.Si sekaligus membuka acara kegiatan, selanjutnya para tamu undangan beserta juri berkunjung mengelilingi tiap stand produk cipta untuk memberikan masukkan dan penilaian.

Expo ini menghasilkan 17 produk cipta yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu  5 produk lolos pendanaan proposal 2023 melalui program kompetisi dimulai dengan seleksi proposal kewirausahaan, presentasi produk cipta, monitoring evaluasi, hingga pemasaran produk cipta, Adapun 5 produk cipta tersebut yaitu  Scoby Tea® (Pemanfaatan the fermentasi sebagai minuman prebiotic health booster kaya antioksidan), POPPIE®  (Pie susu dari ubi ungu), Cemilin®  (Serela instan berbahan dasar amping sambas), TAYA®  (The herbal bunga telang dan kulit lidah buaya), T2 Bhatik®  (Totebag dan T—shirt dengan pewarna alami dari bunga telang).

Selanjutnya 12 produk dari matakuliah kewirausahaan yaitu Hyfoody®  (jasa hitung kalori dan makanan), Materpi®  (Produk aromaterapi), Cintea®  (Seduhan rempah yang terbuat dari kayu manis, cengkeh, jahe, dan bahan tambahan lainnya), Chillin®  (Dimsum dan Ice cream), Minte®  (Mie yang terbuat dari tempe), Coobeet®  (Cookies dengan pewarna buah bit), Warabi Mochi®  (Mochi yang terbuat dari ubi jalar serta susu kedelai), La Vie en Citrus®  (Produk penghilang bau sepatu), Sobat®  (Minuman sehat dengan cita rasa khas daerah Kalbar), Flavio®  (Dango ubu ungu), Frudo dan Cega®  (Cendol yang terbuat dari buah naga dan sandwich yang berisi buah), dan La Savone®  (Sabun yang terbuat dari bahan alam seperti telang, kopi, dan bunga rosella). Dari 17 produk cipta yang dipamerkan menghasilkan daftar pemenang melalui penilaian oleh juri, dengan kategori Produk Terbaik diperoleh oleh produk cipta La Vie en Citrus® (Pewangi sepatu), kategori Stand Terbaik diperoleh oleh produk cipta Warabi Mochi® (Mochi yang terbuat dari ubi jalar serta susu kedelai), kategori Video Terfavorit oleh produk cipta Cega ®  (Cendol yang terbuat dari buah naga dan sandwich yang berisi buah), dan kategori Yel-Yel Terbaik oleh produk cipta Cintea®  (Seduhan rempah yang terbuat dari kayu manis, cengkeh, jahe, dan bahan tambahan lainnya).

Dokumentasi Kegiatan

Leave a Reply