Dosen Keperawatan Fakultas kedokteran edukasi tentang pencegahan anemia pada santri putri pondok pesantren kota pontianak

Berita Kalbar

Dosen Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (FK UNTAN) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2023, diikuti oleh 24 santri putri setingkat SMP. Kegiatan ini diketuai oleh Ns. Mita, M.Kep, dan anggotanya Ns Faisal kholid Fahdi, M.Kep dan Ns Ikbal Fradianto, M.Kep, Yoga Pramana M.Or, M. Kep. Serta mahasiswa keperawatanan Tri Wahyuningtyas, Gabriella Alphani, dan Erja Safhie Ega nanda. Fokus kegiatan ini adalah memberikan edukasi tentang Anemia dan pencegahannya. Kegiatan dimulai dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan peserta sebelum edukasi. Selanjutnya pemaparan materi dengan menggunakan media power point, dan pemutaran video edukasi Anemia. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, hal itu terlihat banyaknya peserta bertanya terkait Anemia, dan bagi peserta yang bertanya juga diberikan hadiah. Kegiatan lalu diakhiri dengan post-test dan foto Bersama, serta pemberian souvenir dan buku saku “GENRE LIMA” Generasi Remaja Peduli Anemia kepada pihak pesantren.

Para Tim Penyuluhan Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura ini sangat disambut dengan baik oleh pihak pesantren dan pihak sekolah. Kegiatan ini diikuti dengan total 24 orang peserta yang terdiri dari kelas 7. Kegiatan penyuluhan ini juga sangat interaktif karena menggunakan media Video edukasi yang disusun sendiri oleh tim Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Melihat antusiasme dari anak-anak pesantren mengajukan pertanyaan, Pak Rahmat,S.Pd selaku kepala sekolah pesantren berharap kegiatan ini dapat diadakan secara rutin “Kegiatan pengabdian ini bagus dan sebaiknya bisa rutin diadakan” ujarnya.

Leave a Reply