Jurusan Keperawatan UNTAN Edukasi Cara Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Sekolah Menengah Pertama

Untan

Dosen-dosen dari Jurusan Keperawatan FK Universitas Tanjungpura (Untan) telah melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang tak hanya informatif, tetapi juga sangat berarti. Fokusnya adalah memberikan penyuluhan mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dipimpin oleh Ns. Ikbal Fradianto, M.Kep, dan melibatkan Ns.Mita, M.Kep, Yuyun Tafwidhah, S.K.M.,M.Kep, serta melibatkan mahasiswa jurusan keperawatan, telah sukses dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Kegiatan ini menerima sambutan hangat dari pihak kepala Yayasan, kepala sekolah dan siswa yang terlibat dalam kegiatan.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan upaya nyata untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pertolongan pertama pada kecelakaan. Pada kegiatan ini tim memberikan video dalam melakukan edukasi, sehingga mendapatkan antusias yang hangat. Selain itu tim juga memberikan edukasi tentang revitalisasi UKS kepada kepala Yayasan, kepala sekolah dan guru penanggung jawab UKS. Dengan demikian, program ini menciptakan pengalaman yang bermakna dan mendorong kesadaran pentingnya pertolongan pertama pada kecelakaan dan memfungsikan UKS sesuai dengan kebutuhannya.

“Kegiatan PKM ini kami berharap dapat membuat pemahaman yang tepat kepada siswa untuk bisa memberikan penanganan Ketika terjadi kecelakaan di sekolah.” Tutur ketua PKM.

Semangat para siswa dalam mengikuti Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sungguh luar biasa. Mereka dengan penuh antusiasme memperhatikan setiap detail materi yang disampaikan, serta aktif berpartisipasi dalam diskusi. Tak hanya itu, para santri juga menunjukkan komitmen yang kuat dalam upaya memberikan sikap yang tepat pertolongan pertama pada kecelakaan. Semangat positif ini menciptakan atmosfer yang sangat inspiratif, di mana mereka bersatu dalam tujuan yang sangat mulia, yaitu kesehatan dan kesejahteraan bersama.

Setelah sesi materi dan foto bersama selesai, tim dengan hangat melakukan serah terima cindera mata kepada perwakilan sekolah berupa seperangkat kotak P3K beserta isi dan buku saku UKS dan pertolongan pertama pada kecelakaan. “Terima kasih atas bantuan dan edukasi yang telah diberikan kepada siswa kami. Semoga kerjasama ini terus berlanjut kedepannya.” Ucapan ini mencerminkan kehangatan dan komitmen yang kuat untuk terus mendukung tujuan bersama dalam upaya peningkatan kesehatan.

Penulis : Iqbal

Leave a Reply