Membumikan Melek Spasial, Tim Dosen Fakultas Kehutanan UNTAN Lakukan Pelatihan Pemetaan Inventarisasi Potensi Ekowisata di Desa Belaban Ella

Sebagai bagian dari komitmen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, Tim Dosen Fakultas Kehutanan dari Universitas Tanjungpura, mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Pelatihan Pemetaan Inventarisasi Potensi Wisata di Desa Belaban Ella, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi. Desa Belaban Ella, yang merupakan kawasan penyangga dari Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), memiliki beragam potensi wisata yang masih perlu dikembangkan kedepannya. Pengembangan potensi ekowisata tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat desa. Namun pengembangan dan pengelolaan potensi ekowisata yang ada sangat tergantung dengan masyarakat setempat. Sehingga dalam rangka akselerasi kemampuan masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan wisata, kegiatan pelatihan ini ditujukan bagi pengelola wisata desa Belaban Ella dan generasi muda yang nantinya akan meneruskan pengelolaan wisata di wilayah tersebut.

Atraksi ekowisata di Desa Belaban Ella mencakup wisata arung jeram, riam atau air terjun, wisata penelitian, serta potensi lainnya. Namun poten Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada peserta terkait pemetaan inventarisasi potensi wisata.

Participatory mapping yang melibatkan peserta pelatihan dalam mengidentifikasi potensi wisata pada wilayah Desa Belaban Ella

Pemetaan potensi wisata dilakukan dengan metode participatory mapping dimana masyarakat (terutama pengelola wisata) menjadi sumber informan yang memberikan keterangan mengenai potensi wisata yang ada pada wilayah Desa tersebut. Output dari kegiatan tersebut adalah peta potensi wisata Desa Belaban Ella yang dicetak dalam format A0. Peta tersebut diserahkan secara resmi kepada pengelola wisata dan perangkat desa setempat. Dengan adanya peta ini, diharapkan pengelolaan dan pengembangan wisata di Desa Belaban Ella dapat dilakukan secara lebih terarah dan berkelanjutan.

Penyerahan Peta Potensi Wisata Desa Belaban Ella yang merupakan output dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini

Ir. Iswan Dewantara, M.MA. selaku ketua tim pengabdian kepada masyarakat ini menyatakan, “Kami berharap bahwa hasil dari kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ekowisata di Desa Belaban Ella. Dengan melibatkan masyarakat setempat, kami yakin potensi wisata yang ada dapat memberikan manfaat ekonomi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.”

 

Leave a Reply