Tim PKM Prodi Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kulit Pepaya untuk Bahan Pembuatan Abon dan Cheese Stick

Tim PKM Prodi Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kulit Pepaya untuk Bahan Pembuatan Abon dan Cheese Stick

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di kelompok PKK Rasau Jaya Tiga bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan abon dan cheese stick yang menggunakan bahan baku berupa kulit pepaya. PKM diadakan melalui kerja sama dengan Kepala Desa Rasau Jaya Tiga yaitu Bapak Iin Sumirat.

Pelaksanaan PKM diadakan pada tanggal 17 September 2022 bersama ibu-ibu anggota PKK di unit Rasau Jaya Tiga. Kegiatan yang diketuai oleh Nera Umilia Purwanti, M.Sc.,Apt dengan anggota dosen lainnya yaitu Dr. Nurmainah, MM., Apt dan Ressi  Susanti, M.Sc., Apt  melakukan kegiatan berupa pelatihan pembuatan produk abon dan cheese stick yang dibuat dengan menggunakan salah satu bahan yang tidak digunakan yaitu kulit pepaya. Pelatihan ini bertujuan memperkenalkan produk yang dapat dibuat menggunakan bahan kulit pepaya serta dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomis dari suatu limbah yang dapat digunakan.

Desa Rasau Jaya Tiga merupakan salah satu daerah yang banyak memproduksi pepaya, hal tersebut menjadikan banyak limbah kulit pepaya yang dihasilkan. Penggunaan bahan baku limbah kulit pepaya sebagai bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan produk akan meningkatkan nilai ekonomis dari kulit pepaya. Pelatihan ini juga memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu anggota PKK dalam memanfaatkan salah satu limbah yang dapat dimanfaatkan, serta menjadi suatu produk yang dapat menjadi peningkat nilai ekonomi rumah tangga yang dapat dijual.

Alasan lain pemanfaatan kulit pepaya sebagai bahan olahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan suatu produk, selain kulit pepaya banyak menjadi limbah juga berdasarkan penelitian kulit pepaya mengandung zat aktif yang dapat menghambat bakteri dan menurunkan kadar glukosa pada hiperglikemik. Hal ini dapat menjadi poin untuk memanfaatkan limbah kulit pepaya dalam menghasilkan suatu olahan produk makanan maupun camilan yang sehat, serta merupakan pemanfaatan bahan baku suatu produk yang murah.

Kegiatan PKM yang dilakukan di unit PKK Rasau Jaya Tiga  mendapat sambutan yang antusias dari peserta pelatihan. Hal ini dengan adnya komunikasi yang interaktif serta minat dalam mengikuti pelatihan. Peserta juga turut serta dalam mengolah produk abon dan cheese stick dari kulit pepaya. Berdasarkan survey yang diperoleh antusias dari ibu-ibu PKK disebabkan mereka menganggap pelatihan tersebut sangat bermanfaat. Hal lainnya disebabkan ibu-ibu anggota PKK belum pernah mengolah kulit pepaya menjadi suatu produk.

Kegiatan PKM yang dilakukan oleh Jurusan Farmasi di unit PKK Rasau Jaya Tiga diharapkan  dapat memberi kontribusi bagi peserta. Kontribusi tersebut terutama sejalan dengan visi dan misi dari Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kesehatan di daerah Kalimantan Barat dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Leave a Reply