UNTAN Lepas 143 Mahasiswa Magang dan Studi Independen (MSIB) Batch 3

Universitas Tanjungpura (UNTAN) Menggelar pelepasan sebanyak 143 Mahasiswa Magang dan Studi Independen (MSIB) Batch 3 di Gedung Konferensi UNTAN, pada kamis (25/8/2022).

MSIB dilaksanakan minimal 18 minggu dan maasiswa diberikan sertifikat sesuai kinerja magang. Mahasiswa juga akan mendapatkan deep learning selama empat bulan . mitra akan menyediakan kurikulum dan sumber daya pemebelajaran , termasuk materi serta instruktur. Selain memberikan pengalaman hardskill,  mitra juga memberikan pengalaman sofksill yang diperlukan.

Rektor UNTAN, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si mengapresiasi atas Kenaikan jumlah mahasiswa yang bisa ikut MSIB mencapai lebih dari 300 persen, namun dirinya juga mengingatkan semakin besar jumlah peserta yang ikut tentunya tata kelola semakin meningkat transparansinya.

“ Kenaikan 300 persen itu luar biasa, tapi sekali lagi semakin besar tata kelola semakin transparan tentunya, dengan Kolaborasi mengasah terus kreatifitas dan inovasi kita”, ungkapnya.

Dirinya berpesan kepada mahasiswa bukan hanya belajar dari pengalaman saja tapi juga untuk menemukan future practice yaitu  menciptakan yang belum ada dengan cara-cara yang belum ditemukan dalam menghadapi persoalan-persoalan saat ini.

“ Adek-adek harus belajar the future practice, pengalaman iya, tetapi juga tidak bisa menjadi acuan lagi saat ini.”ucapnya saat memberikan kata sambutan.

Lebih lanjut Dirinya menegaskan persoalan yang dihadapi mahasiswa saat ini begitu kompleks, oleh karenanya mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan bekerja bukan hanya pada Hardskill , tetapi juga softskill yang menurutnya menjadi lapis pertama dari tujuan pendidikan indonesia.

MSIB ini terdiri dari dua jenis kegiatan yaitu magang bersertifikat dan studi independent bersertifikat yang dikelola oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan nasional. Mitra MSIB merupakan Mitra strategis nasional. 143 mahasiswa ini akan dilibatkan dalam pengenalan dan pemecahan masalah nyata terkait kinerja  mitra/ perusahaan serta terlibat secara riil,  bekerja secara kelompok dengan bimbingan mentor staf professional dalam program magang berstruktur.

Leave a Reply