Bimtek Online Singkat E-Learning Pengetahuan Antikorupsi Dasar dan Integritas (PADI) KPK RI

Koordinator Program Pendikar Pancasila UNTAN Ir. Riadi Budiman, S.T., M.T., M. Pd., IPM, ASEAN Eng memberikan bimbingan teknis online secara singkat kepada para mahasiswa Universitas Tanjungpura terkait E-Learning Pengetahuan Antikorupsi Dasar dan Integritas (PADI) pada Rabu malam tanggal 21 November 2023. Kelas Pembelajaran Online (E-Learning) Pengetahuan Dasar Anti Korupsi dan Integritas ini diperuntukan bagi Kawan Aksi yang ingin mempelajari antikorupsi dan integritas sebagai bekal untuk menjadi Gen-AKSI (Generasi Antikorupsi) yang berperan aktif dalam gerakan pemberantasan korupsi sesuai dengan peran dan kedudukannya masing-masing.

Riadi yang juga sebagai seorang penyuluh antikorupsi (PAKSI) yang tersertifikasi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) KPK RI menyampaikan (SKPI) berguna bagi lulusan/alumni Universitas Tanjungpura dalam mendapatkan pekerjaan atau menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian beasiswa.

“Pada waktunya kedepan sertifikat E-Learning KPK RI ini akan masuk dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sehingga menjadi sangat berguna bagi lulusan/alumni Universitas Tanjungpura dalam mendapatkan pekerjaan atau menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian beasiswa studi lanjut”, ungkapnya.

Riadi yang juga sebagai ketua bidang Pendidikan Tinggi Tim Komunitas Penyuluh Anti Korupsi Khatulistiwa (TANJAK), organisasi yang dibentuk oleh Gubernur Kalimantan Barat,  Dirinya menambahkan, bahwa pembuatan akun dan mengisi E-Learning KPK RI ini memiliki trik tersendiri sehingga apabila tidak dituntun maka mahasiswa tidak akan dapat menyelesaikannya.

Ia mengingatkan kembali bahwa dalam pengisian pre-test maupun pengerjaan tugas-tugas dari setiap modul dilakukan secara berintegritas.

“Terdapat Sembilan nilai integritas yang harus dihayati dan diamalkan oleh mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari yakni berani, adil, peduli, disiplin, kerja keras, sederhana, jujur, tanggung jawab dan mandiri yang kalau disingkat menjadi riadi pendikar sejati”, ucapnya sambil tersenyum sumringah.

Rekaman bimtek online dapat disaksikan ulang pada channel Youtube Pendikar Pancasila UNTAN dengan link berikut https://www.youtube.com/watch?v=GqNgwI5SiYk

 

 

Leave a Reply