Untan  

Jejak gemilang : Eva Novianti, Tim Protokoler UNTAN yang Pernah Pandu Kapolri hingga Menkeu

Hal itu lah yang dirasakan Eva Novianti Hestivera yang kini aktif menjadi Tim Protokoler Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

Sosok Eva kerap didaulat menjadi Master Of Ceremony (MC) berbagai momen seperti wisuda dan yang lainnya.

Ia yang aktif sebagai Anggota Asosiasi Profesi SDM Aparatur (Aspro SDMA) juga aktif menjadi narasumber atau coach komunikasi publik, MC dan keprotokolan.

Ia pun menceritakan awal ketertarikannya terhadap profesi yang ia cintai saat ini.

“Dari remaja memang saya sudah aktif berkesenian dan tampil, mengikuti perlombaan baik itu lomba membaca puisi, menyanyi baik itu solo, trio, vokal grup, hingga tim paduan suara,” ujarnya pada Sabtu 4 Mei 2024.

Hingga di jenjang kuliah, Eva pernah mengikuti Peksiminas, Pekan Seni Mahasiswa Nasional tahun 1999 di Surabaya, mewakili Untan dalam Cabang Grup Vokal, aktif juga di band kampus, dan menjadi penyanyi wedding dan berbagai acara sehingga membawanya terbiasa berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang.

“Masuk dunia kerja dari tahun 2006 saya sudah di dapuk menjadi MC di Untan,” ungkapnya.

Prestasi non akademik yang pernah diraih Eva diantaranya Terbaik 3, Diklat Manajemen Kepegawaian Tingkat Dasar (P0), Penyelenggara Kemdikbud Tahun 2013, Predikat Istimewa 2, Diklat Kepemimpinan Tingkat 4 (PIM 4) Tahun 2019 yang diselenggarakan Pusdiklat Kemenristekdikti.

Eva juga pernah mendapatkan Predikat Sangat Memuaskan, Terbaik 5, Diklat PKA Pusdiklat Kemendikbudristek (pelatihan kepemimpinan administrator) Tahun 2023, Predikat Sangat Memuaskan Pelatihan Teknis Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian, Tahun 2022 yang diselenggara Pusdiklat Kemendikbudristek dan terakhir menjadi Best MC pada pelatihan Public Speaking Tahun 2022 Penyelenggara Untan.

Penghargaan ASN yang pernah ia dapatkan adalah Penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun (2018).

Sedangkan penghargaan akademik, Eva menjadi Lulusan Tercepat pada program studi Magister Manajemen Untan (1 Tahun 5 bulan) dan Lulusan dengan IPK Tertinggi pada Program studi Magister Manajemen Untan.

Untuk memperdalam kemampuannya, Eka juga pernah mengikuti pelatihan MC di lingkungan kementerian pendidikan.

“Makin melatih kemampuan sata di bidang MC dan public speaking dan sy terapkan dalam tugas lain saya ssebagai MC (protokoler) Untan selain tugas harian sy yg juga berkecimpung di bagian HRD/SDM,” ujarnya.

Hampir semua acara yang ia pandu diakuinya berkesan, bertemu dengan narasumber, tokoh-tokoh nasional, politikus negarawan, pejabat negara, cendekiawan, duta besar hingga artis banyakk memberikan insight baru.

“Seperti ketika memandu seminar/kuliah umum oleh Prof Jimly Asshidiqqi, Abraham Samad, Ilham Akbar Habibie dan masih banyak tokoh lain yang alhamdulillah saya berkesempatan memandu, Tito Karnavian ketika menjabat kapolri, Gatot Nurmantyo ketika panglima TNI, Surya Paloh, Oesman Sapta, Bambang Soemantri menteri keuangan, Sri Mulyani dan banyak lagi,” ujarnya.

Perhelatan besar lainnya yang pernah ia pandu adalah KKN Kebangsaan Tahun 2023, dimana Untan menjadi tuan rumah bagi peserta seluruh indonesia.

Awalnya bakat yang ia miliki diakui Eva otodidak, kemudian ia pernah mengikuti pelatihan MC di lingkungan kementerian pendidikan nasional kala itu dan dikembangkan dengan jam terbang dan lainnya.

Harapannya kedepan semakin banyak SDM terutama wanita yang giat mengasah kompetensinya, menguatkan soft skill dan mampu membranding dirinya hingga mampu bersaing dan performa unggul.

“Pastinya ada kepuasan dan kebanggan sendiri baik pribadi maupun profesional mampu menghantarkan atau turut andil dalam sukses besarnya 1 rangkaian acara atau perhelatan,” ujarnya.

Biodata Eva Novianti Hestivera

Nama lengkap: Eva Novianti Hestivera, S.T., S.E., M.M., CSEP, CHRS

Tempat/Tanggal Lahir: Kota Pontianak, 14 Juli 1979.

Instagram: eva_nh_vera

Email: evanhv@Untan.ac.id

 

Prestasi dan penghargaan yang pernah diraih :

Prestasi Non Akademik

  1. Terbaik 3, Diklat Manajemen Kepegawaian Tingkat Dasar (P0), Penyelenggara Kemdikbud Tahun 2013
  2. Predikat Istimewa 2, Diklat Kepemimpinan Tingkat 4 (PIM 4) Tahun 2019, Penyelenggara Pusdiklat Kemenristekdikti
  3. Predikat Sangat Memuaskan, Terbaik 5, Diklat PKA (Pelatihan Kepemimpinan Administrator) Tahun 2023, Penyelenggara Pusdiklat Kemendikbudristek
  4. Predikat Sangat Memuaskan Pelatihan Teknis Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian, Tahun 2022, Penyelenggara Pusdiklat Kemendikbud ristek
  5. Best MC pada pelatihan Public Speaking Tahun 2022 Penyelenggara Untan

Penghargaan ASN

Penghargaan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun (2018)

 

Penghargaan Akademik

  1. Lulusan Tercepat pada program studi Magister Manajemen Untan (1 Tahun 5 bulan)
  2. Lulusan dengan IPK Tertinggi pada Program studi Magister Manajemen Untan

 

Sertifikasi Kompetensi

  1. BNSP (Service Excellent)
  2. BNSP (Supervisor HRD – Analis SDM)
  3. BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA (MANAJEMEN ASN 1)
  4. BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA (MANAJEMEN ASN 2)

 

Publikasi Karya Ilmiah

Jurnal EJME :  Optimalisasi Pengelolaan  Informasi Melalui Pengembangan Layanan SAPA (Satu Data FMIPA) di lingkungan FMIPA Universitas Tanjungpura (terbit 2024)

Perancang/Penggagas Sistem Informasi

  1. SILAP (Sistem Informasi layanan Pensiun) Tahun 2019
  2. SAPA (Satu Data FMIPA) Tahun 2023

 

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Sosok Eva Novianti, Tim Protokoler Untan Pontianak yang Pernah Pandu Kapolri hingga Menkeu, https://pontianak.tribunnews.com/2024/05/05/sosok-eva-novianti-tim-protokoler-untan-pontianak-yang-pernah-pandu-kapolri-hingga-menkeu?page=3.

Penulis: Maskartini | Editor: Faiz Iqbal Maulid

 

Leave a Reply