Jurusan Keperawatan UNTAN Menggelar Pengabdian kepada Masyarakat dengan Fokus pada Kesehatan Reproduksi dan Gizi Anak Sekolah

Dosen Jurusan Keperawatan melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan bermitra kepada Sekolah Islam Muhammad AlFatih Pontianak. Kali ini, tema yang diangkat adalah Kesehatan Reproduksi dan Kecukupan Gizi bagi Anak Sekolah. Kegiatan PKM pada semester genap tahun 2024 dilaksanakan oleh Kelompok Pengabdian kepada Masyarakat dari dosen Jurusan Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang diketuai oleh Titan Ligita, S.Kp., MN., Ph.D., bersama anggota yang terdiri dari dosen-dosen yaitu Nita Arisanti Yulanda, S.Kep., Ns., M.Kep., Nadia Rahmawati, S.Kep., Ns., M.Kep., dan laboran Winarianti, S.Kep., Ns., M.Kep. dengan melibatkan dua orang mahasiswa Delia dan Siti Raudatul Jannah. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 45 siswi dan disertai guru pendamping. Kegiatan berlangsung di Gedung Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura pada tanggal 7 Mei 2024, yang dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga selesai. Topik yang dibahas pada kegiatan pengabdian kali ini antara lain tentang kesehatan reproduksi dan kecukupan gizi pada anak yang disampaikan secara informatif dan kreatif. Siswi kelas empat hingga tujuh yang menjadi peserta edukasi merupakan usia remaja. Remaja perlu memahami pentingnya kesehatan reproduksi yang ditunjang oleh kecukupan nutrisi. Untuk dapat mewujudkan kehidupan yang sehat, remaja perlu mengenal gaya hidup sehat, termasuk menjaga kebersihan sistem reproduksi dan memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan sehat. Hal ini dikarenakan adanya keterkaitan antara kesehatan reproduksi dan kebutuhan nutrisi. Remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, terutama organ reproduksi, memerlukan nutrisi yang adekuat. Para remaja siswi selama kegiatan berlangsung, sangat antusias dalam memberikan pertanyaan seputar kesehatan reproduksi dan kebutuhan nutrisi.

Dalam rangkaian kegiatan PKM ini, sebelumnya siswi diberikan pre-test dan dilanjutkan dengan pemberian materi edukasi oleh dosen Keperawatan FK Untan serta ditutup dengan post-test dan pembagian goodie bag bagi setiap peserta. Dengan pengetahuan yang memadai, kesiapan akan masa pubertas seorang remaja diharapkan menjadi lebih baik.

Leave a Reply