Jurusan Sistem Informasi FMIPA UNTAN Menggelar PKM di SMP Negeri 2 Ngabang: Peningkatan Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Pelatihan Canva dan Artificial Intelligence (AI)

Pada tanggal 8 Mei 2024, Jurusan Sistem Informasi FMIPA Universitas Tanjungpura melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Negeri 2 Ngabang, Kabupaten Landak. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa dan guru, dimana siswa dilatih dalam menggunakan aplikasi Canva untuk membuat desain presentasi yang menarik dan profesional. Dan para guru diberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi Canva dan Artificial Intelligence (AI) dalam pembuatan media pembelajaran yang lebih interaktif.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari Ketua Jurusan Sistem Informasi FMIPA Untan, Bu Renny Puspita Sari, S.T., M.T., yang memberikan pengantar mengenai pentingnya inovasi dalam pembelajaran. Sambutan dan pembukaan kegiatan disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMP Negeri 2 Ngabang, Bu Elianawati, S.Pd, M.Pd, yang mengharapkan agar kegiatan ini berkelanjutan dan memberikan manfaat yang besar bagi para peserta.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, dimulai dengan pelatihan untuk siswa dan dilanjutkan dengan pelatihan untuk guru. Sesi pertama, pelatihan Canva diikuti oleh siswa SMP Negeri 2 Ngabang dan dipandu oleh Kak Mayuni, S.Kom. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih siswa dalam membuat desain materi presentasi yang menarik dan profesional, serta meningkatkan keterampilan dalam menyampaikan informasi secara visual dan kreatif. Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Sesi kedua, pelatihan diikuti oleh para guru dan dipimpin oleh Pak Dian Prawira, S.T., M.Eng. Pelatihan ini bertujuan untuk memahami konsep dasar Canva dan AI serta diberikan panduan praktis dalam membuat media pembelajaran yang kreatif. Melalui pelatihan ini, diharapkan guru-guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam menciptakan materi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan teknologi saat ini, termasuk dalam membuat draft RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan modul pembelajaran yang didukung oleh teknologi AI. Dengan demikian, guru dapat menciptakan materi pembelajaran yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan individual siswa, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran di kelas.

Di akhir kegiatan, dilakukan evaluasi sebelum dan sesudah kegiatan untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan dampak positif dari kegiatan ini, dimana para peserta dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi Canva dan AI dalam pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat yang signifikan bagi para peserta, baik siswa maupun guru, dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Ngabang, Kabupaten Landak.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya jurusan Sistem Informasi FMIPA Untan untuk memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di SMP Negeri 2 Ngabang, Kabupaten Landak. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan belajar yang lebih inovatif dan inspiratif bagi para guru dan siswa.

Leave a Reply