Kolaborasi Pendidik dan Mahasiswa Dalam Rangka Peningkatan Pengetahuan Tentang Aktifitas Fisik Remaja Saat Di Sekolah

Untan

Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura telah menggelar kegiatan pengabdian kepada Masyarakat tentang aktifitas fisik pada remaja di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap semester. Kegiatan ini dikoordinir oleh dosen dari Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran : Yoga Pramana, S.Kep., M.Or. dan Ns. M. Ali Maulana, M.Kep yang berkolaborasi dengan beberapa mahasiswa dari Departemen Sosial Masyarakat (SOSMAS) Himpunan Mahasiswa Keperawatan (HIMIKAWA) di lingkungan fakultas kedokteran, antara lain Novi Meta Bravana, Erja Ega Safie Nanda, dan Margun. 

Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah Promosi Kesehatan Rekomendasi Aktifitas Fisik pada Siswa Sekolah Menengah Atas. kegiatan yang dilakukan diantaranya melakukan penyuluhan dan penyampaian materi tentang aktifitas fisik pada remaja, dan melakukan simulasi kegiatan berupa aktifitas fisik yang dapat dilakukan secara berkelompok dan mudah dilakukan di sekolah. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 20 mei 2024 dengan total peserta yang hadir sebanyak 30 peserta.

Materi tentang aktifitas fisik yang disampaikan berkaitan tentang manfaat aktifitas fisik, lokasi aktifitas remaja, jenis aktifitas harian yang dapat dilakukan sesuai dengan tingkatan aktifitas fisik serta beberapa hasil penelitian yang berkaitan dengan aktifitas fisik remaja. Dari kegiatan pengabdian ini juga dilakukan skrining pengetahuan dan pemahaman remaja tentang aktifitas fisik, dari hasil tersebut didapatkan data secara keseluruhan mendapatkan nilai pengetahuan yang baik dengan nilai rata-rata 90.

Pada rangkaian Kegiatan lain dilakukan simulasi aktifitas fisik dalam bentuk ice breaking “Lompatan Lawan dan Sama Kata” untuk menstimulasi remaja agar membiasakan diri untuk beraktifitas fisik selama berada di sekolah. Ice breaking ini juga dapat mengukur Tingkat konsentrasi berpikir remaja, menilai kemampuan motorik kasar, melihat kekompakan dan kerja sama tim selama mengikuti kegiatan.

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Tidak hanya mendukung kesehatan fisik dengan meningkatkan kekuatan otot, kepadatan tulang, dan fungsi jantung, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental, termasuk mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan konsentrasi. Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, aktivitas fisik seharusnya menjadi komponen integral dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Pemahaman akan pentingnya aktivitas fisik telah berkembang sebagai upaya pencegahan untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Pada Kesempatan di kegiatan ini, Pembina remaja siswa Palang Merah Remaja (PMR) Sekolah menengah atas (SMA) Negeri 1 Sungai Raya : Ibu Oktaviani, S.Pd menyampaikan dengan diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan antusias remaja siswa dalam menjaga kesehatan secara berkala dengan melakukan aktifitas fisik yang bervariasi dan beragam guna mencapai kebugaran serta derajat kesehatannya.

Leave a Reply