Dosen Farmasi UNTAN Kenalkan Cara Pembuatan Teh Herbal Jahe Merah kepada Siswa Madrasah Aliyah Al-Adabiy

Dosen Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura  (FK UNTAN) melaksanakan pe­ngabdian masyarakat (PKM) Pendampingan Pembuatan Teh Herbal Kombinasi Jahe Merah kepada siswa-siswi di Madrasah Aliyah Al-Adabiy, Kelurahan Sungai Bangkong  Kecamatan Pontianak, Kota Kalimantan Barat pada Tanggal 28 Mei 2023.

Target khusus dari pelaksanaan PKM ini adalah membina dan membantu kelompok siswa-siswa dalam menggunakan teknologi sederhana dalam membuat produk teh herbal dan memberikan informasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian siswa. Metode yang digunakan adalah pelatihan pembuatan teh herbal, kemudian dilakukan pendampingan dalam pembuatan teh herbal serta dilakukan pemaparan materi kepada siswa-siswa tentang cara penentuan komposisi dan pengolahan bahan untuk menghasilkan teh berkualitas sehingga dapat meningkatkan pengetahuan siswa-siswa.

PKM Pendampingan Pembuatan Teh Herbal Kombinasi Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum) dan Bunga Telang (Clitoria ternatea) Kota Pontianak diketuai oleh Desy Siska Anastasia, M.Si., Apt dan anggota lain yaitu Dr. Isnindar, M.Sc., Apt., Sri Luliana, M.Farm., Apt., dan Pratiwi Apridamayanti, M.Sc., Apt.

Kontribusi mendasar sasaran kegiatan ini yaitu pelatihan yang dilakukan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya siswa-siswa Madrasah Aliyah Al-Adabiy Kota Pontianak Kalimantan Barat tentang cara pembuatan teh herbal kombinasi jahe merah dan bunga telang. Pengetahuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengembangkan produk teh herbal bahan alam sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesehatan masyarakat. Solusi yang diberikan berupa manfaat Kesehatan dari jahe merah dan bunga telang, pemberian informasi terkait komposisi dan contoh formula teh herbal, memberikan pelatihan pembuatan teh herbal bahan alam serta mendampingi dalam praktek pembuatan teh herbal bahan alam, memberikan materi tentang cara penentuan komposisi teh dan cara pengolahan bahan baku teh secara tepat, dan memberikan bibit jahe merah dan tanaman kembang telang kepada siswa Madrasah Aliyah Al-Adabiy untuk ditanam dilingkungan sekitar.

PKM yang dilaksanakan mendapat sambutan positif dari pihak sekolah khususnya siswa-siswa Madrasah Aliyah Al-Adabiy Kota Pontianak Kalimantan Barat. PKM diawali dengan kata sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Isnindar, S.Si.,M.Sc.,Apt. selanjutnya oleh Ibu Yuliana selaku Sekretaris Pondok Al-Adabiy Kota Pontianak Kalimantan Barat sekaligus membuka kegiatan.

Kegiatan ini disambut baik oleh peserta PKM, ditunjukkan dengan adanya komunikasi interaktif berupa respon positif dari peserta PKM mulai dari penyampaian materi sampai proses pendampingan dalam praktek pembuatan teh herbal.

Evaluasi program berupa hasil kuisioner yang diberikan setelah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan siswa-siswa puas dan sangat puas atas materi yang disampaikan, siswa mengetahui dan mampu membuat komposisi yang baik pada pembuatan teh herbal, memahami dan mampu membuat produk teh herbal,  produk yang dihasilkan dibuat dalam bentuk sediaan yang sederhana dan mudah diaplikasikan sehingga dapat diproduksi dalam skala rumah tangga dan dapat meningkatkan perekonomian kepada masyarakat setempat khususnya siswa-siswa madrasah Aliyah Al-Adabiy. Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat sehingga layak untuk dilanjutkan pada tahun selanjutnya.

Leave a Reply