Prodi Matematika Adakan Seminar Cerdas Matematika Berbasis Permainan di SMAN 1 Sambas

Kalbar

Dalam upaya membuat matematika lebih menarik dan menyenangkan, Tim PKM Prodi Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) adakan Seminar “Siswa Cerdas Matematika dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Permainan” dengan narasumber Dr. Nilamsari Kusumastuti, S.Si., M.Sc. dihadiri oleh 60 siswa SMA Negeri 1 Sambas pada Rabu, (17/05).

Pendekatan ini bertujuan untuk merangsang minat dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika, serta meningkatkan pemahaman terhadap konsep-konsep matematika yang kompleks. Melalui penggunaan permainan, siswa dihadapkan pada tantangan melibatkan pemecahan masalah, analisis, dan kreativitas, sambil tetap menjaga keseruan dan interaksi antar siswa.

Permainan yang digunakan adalah 1LINE. Dalam permainan ini, siswa harus memecahkan teka-teki matematika di mana pemain harus menggambar garis untuk membentuk suatu gambar tanpa mengangkat pensil/pulpen/spidol dan tanpa melewati garis yang sama dua kali. Adapun permainan lainnya ialah Equation Bingo, pemainan seperti bingo klasik tetapi bukan nomor, melainkan solusi dari soal metematika sebagai gantinya. Dengan adanya kompetisi dan pemecahan masalah yang mengasyikkan, siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, yang meningkatkan motivasi mereka untuk belajar matematika.

“Seminar ini sangat menyenangkan untuk siswa, terutama dalam memahami konsep konsep matematika dengan menarik,” ungkap salah satu siswi SMAN 1 Sambas, Vivi Larantina.

Adapun kegiatan lainnya yaitu Mathematics Expo yang dilakukan di Sekolah SMA N1 Sambas. Mathematics Expo menyediakan beberapa permainan seperti menyusun beberapa bangun datar menjadi persegi, memindahkan korek api dari enam segitiga menjadi lima segitiga dan lain-lain.

Nazwa Nurbaiti, salah satu siswi SMAN 1 Sambas turut merasa senang dengan adanya seminar dan expo matematika di sekolahnya. “Harapannya semoga dengan pertemuan ini dapat menambah wawasan ilmu matematika dan bisa lebih senang lagi untuk belajar matematika,” pungkasnya.

Leave a Reply